COVID-19Beranda
  • Bahasa Indonesia
  • English (UK)
Bahasa IndonesiaBahasa Indonesia
  • English (UK) English (UK)
FEBFEB
BerandaInformasi COVID-19
  • Beranda
  • Tentang Kami
  • Program Akademik
  • Perpustakaan
  • Fasilitas
  • Internal Link
    • Situs Universitas Pakuan
    • SIMAK Unpak
    • E-Learning FEB
    • Journal Unpak
    • Repository Unpak
    • Partner Unpak
    • Info Beasiswa
    • Official Unpak TV
    • Official Unpak Story
    • Official Instagram Unpak
    • Panduan KRS Online
    • Panduan Cek Nilai
    • Panduan Pembayaran
    • International Office
    • Loker Karier Unpak
    • Pedoman PKM
    • Prestasi Mahasiswa Unpak
    • Form Prestasi Mahasiswa

Literasi Teknologi Informasi dalam Manajemen Usaha UKM

Admin
Berita
26 Oktober 2020

a

FEB, UNPAK— Situasi pandemi Covid-19 memberikan dampak yang signifikan terhadap kegiatan usaha UKM. Terhentinya pesanan akibat dari tidak beroperasinya mall dan rumah makan selama masa pemberlakuan PSBB, memberi dampak terhadap pemasukan UKM sebagai pemasok. Untuk dapat mempertahankan keberlangsungan usaha di tengah situasi pandemi Covid-19, literasi terhadap teknologi informasi yang menjadi hal yang perlu disikapi oleh pelaku UKM. 

Sistem penjualan berbasis online menimbulkan tantangan tersendiri bagi pelaku usaha UKM. Seperti halnya permasalahan yang dialami oleh UKM Sepatu dimana sistem penjualan sebelumnya menerapkan penerimaan pesanan dalam partai besar, dengan terhentinya pesanan tersebut dan beralih pada penjualan online, maka diperlukan sistem pencatatan persediaan yang akurat, agar persediaan bahan baku dapat terkelola dengan baik. Permasalahan lainnya dari pengelolaan usaha UKM adalah pencatatan pada kegiatan usaha yang dilakukan secara konvensional dan tidak tersedia secara lengkap. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk membantu permasalahan manajemen usaha UKM, khususnya dalam hal manajemen persediaan. Luaran dari kegiatan pengabdian ini adalah membuatkan aplikasi manajemen persediaan berbasis android yang dapat dioperasikan pada perangkat handphone. Hal ini untuk memudahkan pencatatan kegiatan usaha bagi UKM.

Dengan aplikasi ini, UKM dapat menyimpan catatan pembelian dan penjualan, serta memantau informasi ketersediaan jumlah bahan baku. Sistem pencatatan yang baik merupakan titik awal untuk dapat dilakukannya berbagai analisis usaha agar dapat dihasilkan keputusan usaha yang lebih efisien dan optimal. Pada kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan pembuatan 2 jenis aplikasi manajemen persediaan, yang masing-masing disesuaikan dengan proses bisnis jenis usaha UKM, yaitu UKM Bawang Goreng dan UKM Sepatu. Kedua UKM berlokasi di Kota Bogor.

Tim pengabdian masyarakat melibatkan 3 Dosen dan 3 mahasiswa Universitas Pakuan dan merupakan kolaborasi antara Dosen Manajemen, Fakultas Ekonomi, Sistem Informasi, Sekolah Vokasi, dan Ilmu Komputer, Fakultas MIPA Universitas Pakuan. Kolabarasi lintas bidang ilmu selaras dengan tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu menghasilkan aplikasi manajemen persediaan berbasis Andoid bagi UKM. Tim Pengabdian Masyarakat diketuai oleh Yudhia Mulya SE., MM, (Dosen Fakultas Ekonomi) yang beranggotakan 3 orang Dosen yaitu Sufiatul Maryana, S.Kom, M.Kom (Dosen Sistem Informasi Sekolah Vokasi), Agung Prajuhana Putra, M.Kom (Dosen Ilmu Komputer, FMIPA), dan Vera Mita Nia, SE., MM. (Dosen Fakultas Ekonomi). Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan kegiatan yang telah lolos seleksi pendanaan hibah tingkat nasional Dikti dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2020 dalam skema Program Kemitraan Masyarakat. Mitra dari kegiatan pengabdian masyarakat ini terdiri dari 2 UKM yaitu UKM yang bergerak pada usaha Bawang Goreng dan UKM Sepatu.

Kegiatan dilakukan sejak bulan Mei 2020 yang diawali dengan beberapa kali pertemuan dan kunjungan observasi usaha ke masing-masing UKM sebagai tahap inventarisasi data. Kemudian Tim Dosen merancang model simulasi pencatatan pembelian, penjualan, dan persediaan yang selanjutnya menjadi dasar penyusunan aplikasi manajemen persediaan berbasis android.

Seiring dengan tuntutan revolusi industri 4.0, aplikasi manajemen persediaan berbasis android sebagai luaran dari kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan wujud hasil karya Dosen Universitas Pakuan dengan penerapan ilmu pengetahuan lintas bidang dalam rangka membantu akselerasi daya saing UKM. red



  • Sebelum
  • Berikut

Berita Terkait

BUMN dan BUMD Sebagai Penggerak Pembangunan Nasional BUMN dan BUMD Sebagai Penggerak Pembangunan Nasional
Tracer Study Alumni Universitas Pakuan Tahun 2022 Tracer Study Alumni Universitas Pakuan Tahun 2022
Dean’s Award 2021 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dean’s Award 2021 Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Talkshow Entere Preneurship Economics Fair 2017 Talkshow Entere Preneurship Economics Fair 2017
Literasi Penyusutan Laporan Keuangan Literasi Penyusutan Laporan Keuangan
© 2022 FEB Universitas Pakuan
logo
Beranda
Tentang Kami
Program Akademik
Perpustakaan
Fasilitas
Internal Link
Situs Universitas Pakuan
SIMAK Unpak
E-Learning FEB
Journal Unpak
Repository Unpak
Partner Unpak
Info Beasiswa
Official Unpak TV
Official Unpak Story
Official Instagram Unpak
Panduan KRS Online
Panduan Cek Nilai
Panduan Pembayaran
International Office
Loker Karier Unpak
Pedoman PKM
Prestasi Mahasiswa Unpak
Form Prestasi Mahasiswa