Universitas Pakuan Hadiri Tax Center Gathering dan Pengukuhan Relawan Pajak 2024

UNPAK, Bogor, 03 Februari 2024

Rabu, 31 Januari 2024 Universitas Pakuan (UNPAK) menghadiri undangan Tax Center Gathering dan Pengukuhan Relawan Pajak 2024. Acara diselenggarakan di lantai VI Aula Kujang Cakrabuana Kantor Wilayah DJP Jawa Barat III ( Kanwil DJP Jabar III ) pada pukul 07.30 s.d 13.00 WIB. Sebanyak 13 Tax Center beserta  Relawan Pajak yang berada pada lingkup Kantor Wilayah DJP Jabar III, hadir bersama-sama baik secara offline maupun online.      UNPAK diwakili  oleh Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Ibu Wiwik Budianti, S.E., M.Si serta 2 (dua) orang relawan pajak. Untuk Relawan Pajak UNPAK lainnya yang tidak hadir offline, dan juga Perguruan Tinggi peserta Tax Center, bergabung melalui Zoom Meeting.

 

Pada kesempatan yang merupakan sarana mempererat hubungan kerjasama antara Perguruan Tinggi dengan  Kanwil DJP Jabar III, Ibu Romadhaniah, selaku Kepala Kantor memberikan Piagam Penghargaan kepada UNPAK dan  Perguruan Tinggi lainnya atas Partisipasi dan kerjasama dalam rangkaian kegiatan Relawan Pajak tahun 2023.

 

 Kegiatan tersebut juga mengundang Narasumber dari Kantor Pusat DJP yang memberikan pembekalan materi kepada Relawan Pajak yaitu  Pengenalan Laman Renjani (Relawan Pajak Untuk Negeri ), dan Tata Cara Penggunaan Laman Renjani.

Sebelum calon relawan dikukuhkan menjadi Relawan Pajak, terdapat serangkaian, seleksi, pelatihan tertulis, dan tes  hingga akhirnya terjaring  27 mahasiswa dari UNPAK berhasil lolos dan diumumkan sebagai Relawan Pajak yang akan ditempatkan di berbagai Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di Bogor. Pada saat ini tercatat lebih dari 3.000 orang menjadi Relawan Pajak,  yang sudah mengikuti pelatihan lanjutan.  dari 400an Tax Center seluruh Indonesia

 

Pengukuhan Relawan Pajak untuk Negeri (RENJANI) ini menjadi langkah awal bagi mahasiswa UNPAK untuk berkontribusi dalam mendukung sistem perpajakan di wilayah Kanwil DJP Jabar III. Terlibat aktif dalam melakukan pelayanan dan membantu Wajib Pajak dalam proses pelaporan pajak mereka serta memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai sistem perpajakan kepada wajib pajak. Melayani dengan tetap berpegang pada Etika sehingga mampu  membangun ethical decision dan responsible judgment.

Dengan mengikuti Relawan Pajak untuk Negeri (RENJANI) diharapkan mahasiswa dan civitas akademika dapat meningkatkan pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi melalui Pengabdian kepada Masyarakat dan memperkuat sinergitas institusi,


Share Media :