Narasumber Luar Negeri dalam Kuliah Umum Metodologi Penelitian

Go International, FEB Menghadirkan Narasumber Luar Negeri dalam Kuliah Umum Metodologi Penelitian

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan (FEB Unpak) mendorong mahasiswa untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang metode penelitian melalui kuliah umum metodologi penelitian dengan menghadirkan Prof. Madya. Dr. Amran Bin Harun dan dimoderatori oleh Dr. Hamzah, Dipl. Inf., S.Komp., MM. di Gedung Akuntansi Aula Madya B1.1 FEB Unpak (24/11/1013).

Dekan FEB Unpak Dr. Towaf Totok Irawan, SE., ME. Menyampaikan tujuan dari mata kuliah ini adalah akan memberikan insight kepada mahasiswa apa saja kira-kira metode penelitian yang bisa digunakan nanti untuk menyelesaikan skripsi dengan cepat.

“To know adalah untuk mencari tau dan memverifikasi, to do untuk melakukan research dan prototype, serta to evaluate untuk mengevaluasi yang akan dijalakan seterusnya. Ada juga beberapa metodologi yang dapat diterapkan yaitu, kulitatif dan kuantitatif.”

Selain itu, Dr. Towaf Totok Irawan juga megharapkan agar kegiatan ini dapat membantu mahasiswa dalam menyelesaikan kuliahnya dengan baik. “Semoga kegiatan ini dapat membantu mahasiswa untuk mendapatkan bimbingan yang terbaik untuk menyelesaikan kuliah para mahasiswa.”

Dalam kegiatan ini Dr. Amran Bin Harun memberikan pengetahuan dan tips bagaimana cara menyelesaikan skripsi dengan cepat dan tepat. Secara umum Dr. Amran pun menjelaskan bahwa yang paling penting ddalam melakukan research adalah sebuah masalah.

“The most important in research, and the tips is start with the problem. The first thing to do research is you have to understand the problem.”

Dr. Amran Bin Harun juga memaparkan bahwa mahasiswa harus paham dengan masalah yang akan diteliti dan yang paling penting dari penelitian adalah bukan pada hasil tapi kita harus memahami prosesnya.

“We have to understand the problem. Ya, we have to define ship within the problems and the simptom. The reason why we basically in our formal education, the reason why we need the students to other good is Research methodology is not just we want you to study about Research now. We want you to understand the process.”

Antusiasme mahasiswa sangat tinggi, dibuktikan dengan banyaknya partisipasi hingga mencapai ratusan peserta. Kemudian mereka juga menunjukkan antusiasme dengan berbagai pertanyaan menarik pada sesi QnA. Meski digelar dalam waktu singkat, mahasiswa aktif menggali lebih dalam kepada narasumber.

Program metodologi penelitian ini sangat penting bagi mahasiswa maupun perguruan tinggi. Tak sedikit kendala yang dihadapi dalam menentukan metodologi saat penyusunan karya ilmiah. Dengan demikian, kegiatan seperti ini sangat cocok dan diperlukan bagi mahasiswa terutama sebelum melaksanakan penyusunan tugas akhir.


Share Media :